Blackberry
tidak terlepas dari permasalahan, salah satunya adalah kegagalan blackberry
untuk hidup kembali dengan indikasi terdapat layar putih dengan pesan
kesalahan, layar gelap hanya LED saja yang menyala atau bahkan hanya layar
gelap belaka (mati total atau sering disebut matot). Hal ini dapat diakibatkan
oleh banyak faktor. Secara garis besar penyebab matinya Blackberry dapat dibagi
menjadi 2 faktor yaitu:
- Kerusakan Hardware
- Kerusakan Software
Artikel ini
mencoba mendiagnosis permasalahan apakah diakibatkan oleh permasalahan hardware
ataupun permasalahan software. Ada beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk
mengatasi permasalahan ini yaitu copot battery, tukar battery.
Copot
Battery
Usaha
pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan “Battery Pull” atau copot
battery. Hal ini dilakukan dengan cara melepas baterai dan menunggu sekitar
lebih kurang 3 menit sebelum memasang kembali battery. Apabila tidak berhasil,
coba lepas SIM Card dan Media Card sebelum memasang kembali battery. Apabila
blackberry masih tidak dapat menyala, coba lakukan tukar battery atau Recharge
battery yang caranya akan dijelaskan berikut ini.
Tukar
Battery
Usaha tukar
battery bertujuan untuk memastikan bahwa permasalahan bukan diakibatkan oleh
battery, hal yang dapat dilakukan adalah dengan mencoba memasang baterai yang
“good” dan “fully recharge” ke blackberry yang bermasalah. Apabila blackberry
dapat menyala, ganti atau charge ulang battery menggunakan cara berikut ini.
Apabila tidak berhasil, artinya permasalahan bukan disebabkan oleh battery,
coba dengan me-”reload” OS.
Recharge
Battery
Usaha ini
mencoba melakukan charging pada battery yang sudah habis total.
- Cabut Baterai, SIM Card, Media Card, biarkan terbuka
- Jalankan Desktop Manager
- Sambungkan Blackberry dengan PC menggunakan kabel USB
- Tunggu sampai muncul gambar battery disilang
- Pasang battery tanpa melepas sambungan blackberry dengan PC
- Tunggu sampai Blackberry menyala, biarkan charge sampai beberapa garis battery
- Cabut koneksi, segera charge dengan charger
Masuk ke
Safe Mode
Apabila
masalah terjadi setelah instalasi aplikasi/themes dan setelah reboot tidak
dapat masuk ke home, coba masuk ke safe mode dan hapus aplikasi/themes pada
modus safe mode.
- Lepas dan pasang kembali baterai
- Ketika Lampu LED mati, tekan dan tahan tombol Escape sampai muncul kotak dialog
- Jawab OK
- Untuk kembali ke modus normal dengan cara lepas batterai dan pasang kembali baterai.
Reload
Sistem Operasi
Langkah
pertama adalah mencoba me-load sistem operasi Blackberry menggunakan bantuan
command prompt (lihat Repair Nuked Blackberry). Install Desktop Manager
pada PC, kemudian install OS menggunakan OS “bawaan” yang biasanya disertakan
di dalam CD yang terdapat di dalam kardus Blackberry. Pastikan OS lain yang
sudah diinstall di dalam PC dihapus terlebih dahulu.
Delete file
Vendor.xml yang terdapat di dalam folder “Program Files\Common Files\Research
in Motion\AppLoader\” dan folder “Users\nama user\Appdata\Roaming\Research in
Motion\BlackBerry\Loader xml\” (OS 7).
Pastikan
Desktop Manager tidak “Running” di dalam Windows, apabila Desktop Manager
“Running”, Matikan autostart dan restart Windows. Kemudian ikuti langkah
langkah di bawah ini:
- Jalankan Command Prompt (Ketik Alt+R kemudian ketik cmd + Enter)
- Ketikkan pada Command Prompt
- CD \ (Tekan Enter)
- CD PROGRA~1 (Tekan Enter)CD COMMON~1 (Tekan Enter)
- CD RESEAR~1 (Tekan Enter)
- CD APPLOA~1 (Tekan Enter)
- LOADER /NOJVM (Tekan Enter)
Tunggu
sampai selesai
Restore
Backup anda dengan Desktop Manager apabila proses loading firmware selesai
Apabila cara
ini masih belum berhasil, kemungkinan besar permasalahan Blackberry disebabkan
oleh kerusakan Hardware.
Masalah
Gambar Baterai disilang
Apabila
BlackBerry ditemukan dalam keadaan baterai disilang coba charge BlackBerry
selama 2 jam, apabila masalah belum teratasi kemungkinan baterai sudah rusak
dan diperlukan penggantian. Apabila setelah penggantian tetap muncul gambar
baterai disilang, maka kemungkinan besar hardware BlackBerry anda rusak,
apabila terjadi demikian bawalah ke service Blackberry yang anda percaya.
Tidak dapat
mengakses *xxx# pada BlackBerry Native CDMA
Apabila
BlackBerry Native CDMA, misalnya Storm atau Odin Verizon anda suatu hari
mengalami masalah berupa tidak dapat mengakses *xxx#, terutama apabila ingin
melakukan registrasi atau mengecek pulsa, hal ini memang wajar karena apabila
layanan BIS tidak aktif maka BlackBerry Storm tidak dapat mengakses *xxx#.
Masalah
Lainnya:
BlackBerry
anda terdengar orang berbicara dalam bahasa asing saat melakukan panggilan? klik sini
Gagal
melakukan install/reinstall OS pada OS7? pelajari di sini
0 komentar:
Posting Komentar