Tips Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama

Merawat laptop sebenarnya tidaklah begitu sulit, laptop sangat butuh perhatian dan perawatan layaknya seorang kekasih agar bisa dipakai sampai tua dan body-nya tetap bagus dan sexy.

Laptop merupakan barang elektronik yang sangat sensitif, bila tidak dirawat dengan baik maka akan si laptop tersebut berpaling ke tukang service laptop. (Versi Kekasih ^_^) Perlu kalian ketahui juga, komponen laptop itu lebih mahal dibandingkan komponen komputer desktop atau PC.

Tips, Cara, Merawat, Laptop

Nah, oleh sebab itu untuk menghindari kantong kita bolong dari biaya servis, sebaiknya lakukanlah perawatan yang baik.

Berikut adalah Tips Merawat Laptop untuk Laptop Acer, DELL, Toshiba, HP, Asus, Axio, Zyrex dll :

Jangan sembarangan mendownload software" dari internet

Untuk saat ini kalau kita mendownload software sebaiknya kita harus lebih hati – hati. Karena selain mendownload software tersebut biasanya ada beberapa software lain yang secara tidak sengaja ikut terdownload yang mungkin tidak kita perlukan.

Jangan pernah menginstall software  yang sekiranya jarang dipakai

Software yang jarang dipakai hanya bisa menambah beban bagi laptop itu sendiri. “Buat apa bawa buku sebanyak 10 pelajaran dalam satu tas, apabila hari ini hanya 5 pelajaran yang akan dipelajari. Bikin berat Mas Broooo”

Jangan meletakkan laptop diatas kasur saat sedang menyala

Kasur memiliki permukaan yang tidak rata, sehingga panas yang harusnya dikeluarkan oleh kipas laptop tidak mengalir secara sempurna

Jaga kebersihan laptop anda

Ingat Mas Brooo, “Kebersihan adalah sebagian dari Iman”. 

Hindari getaran elektromagnetik

Jauhkan laptop anda dari alat-alat elektromagnetik seperti misalnya alat pengeras suara, loudspeaker, mesin, handphone, dan sumber getaran lainnya.

Rapikan kabel-kabel yang terhubung

Sebisa mungkin kabel-kabel ke laptop itu harus tertata rapi, jangan sampai membuat orang lain tersandung lalu jatuh dan terluka kemudian menyalahkan anda. Bisa repot lagi urusannya.

Rawatlah baterai laptop secara teratur

Sebaiknya saat memakai laptop untuk waktu yang lama, baterai diisi penuh terlebih dahulu (saat sedang diisi tidak dimainkan). Lalu jika sudah penuh cabut chargerannya lalu gunakan laptop tersebut sampai baterai sisa sedikit lagi. Jaga sirkulasi udara juga, karena ini sangat penting apabila tidak terjadi sirkulasi udara yang lancar maka dapat menyebabkan over-heating.

Jangan menaruh benda diatas laptop

Apalagi benda yang diletakkan tersebut berat, bisa - bisa laptop anda langsung berpaling ke tukang service teknisi perbaikan laptop. Karena bisa merusak layar monitor.

Jangan sekali - sekali untuk memindah – mindahkan laptop saat masih hidup

Itu ada penjelasannya, begini ceritanya : Laptop yang masih hidup atau belum di shutdown/sleep berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder, itu akibatnya sangat fatal.

Jika laptop anda bermasalah, jangan coba-coba untuk mencoba betulkan sendiri.

Lebih baik diserahkan ke tukang service terdekat. Karena jika anda membetulkan sendiri bisa-bisa kerusakan menjadi semakin berat. Apalagi kalo masih garansi lalu anda membongkar laptop sendiri dan merusak sticker garansi yang masih ada pada laptop. (gk komentar deh)

Jangan Boros Dalam menggunakan Software.

Perlu diketahui kebanyakan rata rata orang suka download  yang bersize file besar,jika kapasitas disk sudah tidak muat akan menyakibatkan nge-BLANK sistem operasi dan patah-patah…jadi kalau menginstal software maupun download cukup seperlunya untuk kepentingan aja. Gunakanlah software yang wajib ada di laptop saja.

----- Kode Iklan Disini ------

2 komentar:

  1. Wah tips merawat laptop yg sangat bermanfaat gan. Jadi sekarang laptop saya akan saya rawat sesuai dengan tips dari agan.

    BalasHapus
  2. tipsnya masuk akal mas, bener-bener sangat membantu dalam merawat laptopnya biar hati-hati.

    Makasih banyak atas ilmunya.

    BalasHapus

 
Copyright © 2012. Edan Suka - Suka - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger